7 Faktor yang Mempengaruhi Fotosintesis dan Penjelasannya

Faktor yang Mempengaruhi Fotosintesis dan Penjelasannya - Kata fotosintesis berasal dari bahasa Yunani, yaitu foto yang berarti "cahaya" dan sýnthesis yang berarti "penggabungan". Adapun jika dirunut secara istilah fotosintesis dapat diartikan sebagai suatu proses biokimia yang dilakukan oleh tumbuhan dalam membentuk zat makanan melalui bantuan cahaya matahari. Proses fotosintesis sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor penting, baik yang berupa faktor internal maupun faktor eksternal. Berikut, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang apa saja faktor faktor yang mempengaruhi fotosintesis tersebut. Silakan disimak!

Faktor yang Mempengaruhi Fotosintesis

Untuk mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi fotosintesis, terlebih dahulu silakan perhatikan rumus laju fotosintesis pada gambar di bawah ini!

7 Faktor yang Mempengaruhi Fotosintesis dan Penjelasannya

Dari gambar di atas, diketahui bahwa dalam melakukan proses fotosintesis, tumbuhan memerlukan karbondioksida, air, klorofil, dan cahaya matahari untuk menghasilkan karbohidrat (energi). Unsur-unsur inilah yang menjadi faktor yang berpengaruh terhadap laju atau kecepatan fotosintesis. Berikut akan dijelaskan faktor-faktor tersebut.

1. Konsentrasi Karbondioksida
Konsentrasi karbondioksida merupakan faktor eksternal yang paling mempengaruhi laju fotosintesis tumbuhan. Ketersediaannya yang terbatas, yakni hanya sekitar 0,03% di atmosfer membuat tumbuhan saling bersaing untuk menyerapnya ke dalam klorofil melalui stomata. Semakin besar konsentrasi karbondioksida di udara, maka laju fotosintesis juga akan semakin besar.

2. Ketersediaan Air
Air merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi tumbuhan untuk dapat melakukan fotosintesis. Air memiliki fungsi utama sebagai bahan baku utama dalam proses fotosintesis selain juga karbondioksida. Selain itu, tumbuhan juga membutuhkan air untuk proses transpirasi. Jika kekurangan air, stomata pada daun akan menutup dan membuat karbondioksida tidak dapat terserap dan masuk ke dalam kloroplas.

3. Cahaya
Sesuai dengan namanya, cahaya juga termasuk ke dalam salah satu faktor yang mempengaruhi fotosintesis. Berdasarkan sifatnya, faktor cahaya sendiri terbagi menjadi beberapa sub faktor, di antaranya intensitas cahaya, panjang gelombang cahaya, dan lama penyinaran.


  • Intensitas cahaya. Faktor ini adalah yang paling berpengaruh bagi fotosintesis tumbuhan. Semakin rendah intensitas cahaya yang diterima tumbuhan, maka akan semakin sulit pula tumbuhan tersebut dalam melakukan fotosintesis. Pada intensitas cahaya yang rendah, energi yang diserap tumbuhan tidak mampu mencukupi untuk dapat diubah menjadi energi biokimia.
  • Panjang gelombang. Panjang gelombang cahaya ditunjukkan melalui spektrum warna, di antaranya cahaya warna kuning, hijau, merah, jingga dan  biru. Masing-masing spektrum warna ini akan berpengaruh terhadap laju fotosintesis.
  • Lama penyinaran. Di beberapa belahan dunia, penyinaran matahari dapat berlangsung lebih dari 12 jam sehari. Pada daerah-daerah tersebut, proses fotosintesis yang dilakukan tumbuhan juga akan berlangsung secara terus menerus.


4. Klorofil
Faktor yang Mempengaruhi Fotosintesis
Klorofil atau zat hijau daun adalah suatu pigmen warna yang terdapat dalam kloroplas daun dan digunakan sebagai katalisator dalam proses fotosintesis. Tanpa klorofil, fotosintesis akan berlangsung sangat lambat bahkan tidak dapat terjadi hingga tumbuhan kehabisan energi. Karena terdapat di dalam bagian tumbuhan, maka klorofil juga dapat disebut faktor internal yang mempengaruhi fotosintesis. [Baca Juga : Fungsi Daun bagi Tumbuhan]

5. Unsur Hara
Unsur hara adalah sumber nutrisi utama yang dibutuhkan tumbuhan dalam melakukan metabolisme. Unsur hara merupakan mineral maupun bahan organik yang dapat diperoleh melalui penyerapan oleh akar di dalam tanah. Sebagai contoh, dalam melakukan fotosintesis, klorofil membutuhkan ion magnesium yang hanya dapat diperoleh akar dari tanah. [Baca Juga : Proses Pembentukan Tanah]

6. Suhu
Suhu udara di sekitar tumbuhan juga menjadi faktor yang mempengaruhi fotosintesis. Suhu yang terlalu tinggi akan membuat daun menutup sebagian besar stomatanya untuk meminimalkan laju transipirasi (penguapan). Proses ini mengakibatkan karbondioksida tidak dapat diserap daun dan proses fotosintesis akan mengalami perlambatan. Sementara jika suhu terlalu rendah, air yang terdapat dalam tumbuhan akan membeku sehingga sirkulasi hara dari akar ke ke daun tidak dapat terjadi.

Nah, demikianlah penjelasan mengenai 6 faktor yang mempengaruhi fotosintesis. Baik faktor eksternal di sekitar lingkungan tumbuhan seperti ketersediaan air, konsentrasi karbondioksida, cahaya, unsur hara, dan suhu udara, maupun faktor internal seperti keberadaan klorofil, keduanya akan mempengaruhi seberapa cepat laju fotosintesis dan seberapa besar jumlah karbohidrat yang dihasilkan tumbuhan sebagai hasil dari proses tersebut. Semoga bermanfaat!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Faktor yang Mempengaruhi Fotosintesis dan Penjelasannya"

Posting Komentar