Pengertian, Manfaat dan Macam-Macam Jaringan Komputer (Lengkap)

Artikel yang membahas Pengertian, fungsi dan macam-macam jaringan komputer. Kalau kita mempelajari ilmu komputer tentunya tak akan pernah ada habisnya. Siapa yang sangka mesin yang dulunya hanya berfungsi sebagai alat penghitung ini sekarang telah berkembang sangat pesat. Sekarang ini komputer dan piranti pendukungnya telah menjadi salah satu bagian dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan kita sehari-hari. Seperti yang telah saya bahas dahulu, 

Pengertian komputer adalah mesin elektronik yang terdiri atas beberapa komponen yang saling bekerja sama membentuk sebuah sistem kerja yang dapat menjalankan perintah-perintah yang telah ditentukan oleh pengguna yang bekerja sesuai urutan instruksi atau program yang telah diberikan kepadanya sehingga dapat menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Sedangkan pengertian jaringan komputer menurut para ahli adalah beberapa komputer otonom yang saling berhubungan antara yang satu dengan lainnya yang menggunakan suatu protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi dan bertukar informasi.

Pengertian Jaringan Komputer

Fungsi Jaringan komputer :
  • Mempercepat proses berbagi data. Transfer data pada jaringan selalu lebih cepat daripada sarana berbagi data lainnya yang bukan jaringan.
  • Dapat menghemat dari segi biaya, contohnya cukup satu printer dapat kita gunakan untuk banyak komputer.
  • Menjaga informasi agar tetap update. Sistem penyimpanan data terpusat dikelola sangat baik oleh komputer server yang bertujuan agar banyak pengguna dapat mengaskses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dengan begitu data akan lebih mudah diakses dan membantu proses dalam pengerjaannya.

Cara kerja jaringan komputer pertama-tama sender mengirim sinyal informasi pada receiver lewat protokol encode dan merubah sinyal digital menjadi sinyal analog lalu sinyal tersebut melewati media transmisi dan melalui protokol kedua di decode kembali menjadi sinyal digital sebelum masuk ke receiver.

Komponen utama pada jaringan komputer
a. Repeater
Pengertian repeater adalah Alat yang berfungsi untuk memperkuat sinyal pada jaringan komputer. Cara kerjanya yaitu menerima sinyal dari satu segmen kabel pada jaringan lalu dipancarkan lagi dengan mempertahankan kekuatan sinyal asli yang pertama diterima segmen kabel tersebut.

b. Hub
Pengertian hub adalah alat yang menghubungkan peralatan-peralatan dengan ethernet 10BaseT atau serat optik sehingga menjadikannya dalam satu segmen jaringan.

c. Network Bridge
Network bridge adalah perangkat keras yang digunakan untuk membuat koneksi antara dua jaringan komputer yang terpisah atau untuk membagi satu jaringan menjadi dua.

d. Switch
Pengertian switch adalah sebuah alat jaringan yang melakukan penjembatan taktampak atau penghubung pemblokiran (segmentation) banyak jaringan dengan pengalihan berdasarkan alamat MAC.

e. Router
Pengertian router adalah alat yang menghubungkan beberapa jaringan atau network, baik jaringan yang menggunakan teknologi sama atau yang berbeda

Itu tadi penjelasan singkat saya mengenai pengertian dan definisi jaringan komputer, terimakasih telah berkunjung dan semoga artikel ini bermanfaat buat anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian, Manfaat dan Macam-Macam Jaringan Komputer (Lengkap)"

Posting Komentar